Berdasarkan karakterisitiknya sebuah
model pasti memiliki kelebihan dan kelemahannya. Uraian
secara
rinci kelebihan model ini ialah:
1. Setiap
siswa memiliki kesempatan untuk memberikan kontribusi yang substansial kepada kelompoknya, dan posisi anggota kelompok
adalah setara Allport (dalam Slavin, 2005:103).
2. Menggalakkan
interaksi secara aktif dan positif dan kerjasama anggota kelompok menjadi lebih
baik (Slavin, 2005:105) dan (Ahmadi, 2011:65).
3. Membantu
siswa untuk memperoleh hubungan pertemanan lintas rasial yang lebih banyak
(Slavin, 2005:105)
4. Melatih
siswa dalam mengembangkan aspek kecakapan sosial di samping kecakapan kognitif (Isjoni,
2010:72).
5. Peran
guru juga menjadi lebih aktif dan lebih terfokus sebagai fasilitator, mediator,
motivator dan evaluator (Isjoni, 2010:62).
6. Dalam
model ini, siswa memiliki dua bentuk tanggung jawab belajar. Yaitu belajar
untuk dirinya sendiri dan membantu sesama anggota kelompok untuk belajar
(Rusman, 2011: 203).
7. Dalam
model ini, siswa saling membelajarkan sesama siswa lainnya atau pembelajaran
oleh rekan sebaya (peerteaching) yang
lebih efektif daripada pembelajaran oleh guru (Rusman, 2011: 204)
8. Pengelompokan
siswa secara heterogen membuat kompetisi yang terjadi di kelas menjadi lebih
hidup
9. Prestasi
dan hasil belajar yang baik bisa didapatkan oleh semua anggota kelompok
10. Kuis
yang terdapat pada langkah pembelajaran membuat siswa lebih termotivasi
11. Kuis
tersebut juga meningkatkan tanggung jawab individu karena nilai akhir kelompok
dipengaruhi nilai kuis yang dikerjakan secara individu
12. Adanya
penghargaan dari guru, sehingga siswa lebih termotivasi untuk aktif dalam
pembelajaran.
13. Anggota
kelompok dengan prestasi dan hasil belajar rendah memiliki tanggung jawab besar
agar nilai yang didapatkan tidak rendah supaya nilai kelompok baik
14. Rusman
(2011) menambahkan keunggulan model ini yaitu, siswa memiliki dua bentuk
tanggung jawab belajar. Yaitu belajar untuk dirinya sendiri dan membantu sesama
anggota kelompok untuk belajar (Rusman, 2011: 203)
15. Siswa
dapat saling membelajarkan sesama siswa lainnya atau pembelajaran oleh rekan
sebaya (peerteaching) yang lebih
efektif daripada pembelajaran oleh guru (Rusman, 2011: 204).
16. Model
ini dapat mengurangi sifat individualistis siswa. Belakangan ini, siswa
cenderung berkompetisi secara individual, bersikap tertutup terhadap teman,
kurang memberi perhatian ke teman sekelas, bergaul hanya dengan orang tertentu,
ingin menang sendiri, dan sebagainya. Jika keadaan ini dibiarkan tidak mustahil
akan dihasilkan warga negara yang egois, introfert (pendiam dan tertutup),
kurang bergaul dalam masyarakat, acuh tak acuh dengan tetangga dan lingkungan,
kurang menghargai orang lain, serta tidak mau menerima kelebihan dan kelemahan
orang lain. Gejala seperti ini kiranya mulai terlihat pada masyarakat kita,
sedikit-sedikit demonstrasi, main keroyokan, saling sikut dan mudah
terprovokasi (Rusman, 2011: 204).
Selain berbagai kelebihan, model STAD
ini juga memiliki kelemahan. Semua model pembelajaran memang diciptakan untuk
memberi manfaat yang baik atau positif pada pembelajaran, tidak terkecuali
model STAD ini. Namun, terkadang pada sudut pandang tertentu, langkah-langkah
model tersebut tidak menutup kemungkinan terbukanya sebuah kelemahan, seperti
yang dipaparkan di bawah ini.
1. Berdasarkan
karakteristik STAD jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (yang
hanya penyajian materi dari guru), pembelajaran menggunakan model ini
membutuhkan waktu yang relatif lama, dengan memperhatikan tiga langkah STAD
yang menguras waktu seperti penyajian materi dari guru, kerja kelompok dan tes
individual/kuis. Penggunaan waktu yang lebih lama dapat sedikit
diminimalisir dengan menyediakan lembar kegiatan siswa (LKS) sehingga siswa
dapat bekerja secara efektif dan efisien. Sedangkan pembentukan kelompok dan
penataan ruang kelas sesuai kelompok yang ada dapat dilakukan sebelum kegiatan
pembelajaran dilaksanakan. Dengan demikian, dalam kegiatan pembelajaran tidak
ada waktu yang terbuang untuk pembentukan kelompok dan penataan ruang kelas.
2. Model
ini memerlukan kemampuan khusus dari guru. Guru dituntut sebagai fasilitator,
mediator, motivator dan evaluator (Isjoni, 2010:62). Dengan asumsi tidak semua
guru mampu menjadi fasilitator, mediator, motivator dan evaluator dengan baik.
Solusi yang dapat di jalankan adalah meningkatkan mutu guru oleh pemerintah
seperti mengadakan
kegiatan-kegiatan akademik yang bersifat wajib dan tidak membebankan biaya
kepada guru serta melakukan pengawasan rutin secara insindental.
Disamping itu, guru sendiri perlu lebih aktif lagi dalam mengembangkan
kemampuannya tentang pembelajaran.
Daftar Rujukan
Ahmadi
, I.K, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran
Sekolah Terpadu “Pengaruhnya Terhadap Konsep, Mekanisme, dan Proses
Pembelajaran Sekolah Swasta dan Negeri”. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Isjoni.
2010. Cooperative Learning Efektifitas
Pembelajaran Kelompok. Bandung:Alfabeta.
Rusman.
2011. Model-Model Pembelajaran
Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Slavin,
R. E. 2005. Cooperative Learning Teori,
Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
terimakasih kak atas postingannya.. ^_^
ReplyDeleteDalam model ini apakah guru memberikan ceramah tentang bahan ajar?
ReplyDeletePlease direspon ya admin
izin copas kak
ReplyDeleteterimakasih sudah upload, saya izin copas
ReplyDeleteJOIN NOW !!!
ReplyDeleteDan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
dewa-lotto.name
dewa-lotto.com
JOIN NOW !!!
ReplyDeleteDan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
dewa-lotto.name
dewa-lotto.com
e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
ReplyDeleteWhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663
email:::::::hafizulbin365@gmail.com
Name::::Hafizul Bin Haziq
Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785.000.00 yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440.000.00 telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"
Country::::::Malaysia
Name::::::::Hafizul Bin Haziq
email::hafizulbin365@gmail.com
Telephone Number:[+60]1123759663
WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].
ReplyDeleteJadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.
Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.
Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.
Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya
Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet
ReplyDeleteSetelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.
Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.
Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.
Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda
Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam