tag:blogger.com,1999:blog-53533425676728369982024-02-21T02:10:43.258+07:00BelajarpendidikankuAnonymoushttp://www.blogger.com/profile/02639626279664689414noreply@blogger.comBlogger14125tag:blogger.com,1999:blog-5353342567672836998.post-23708855052043911262018-01-02T08:55:00.000+07:002018-05-29T08:55:39.812+07:00Standar Nasional Pendidikn (SNP) untuk SD (kurikulum 2013)<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<br /></div>
<iframe allowfullscreen="true" frameborder="0" height="389" mozallowfullscreen="true" src="https://docs.google.com/presentation/d/e/2PACX-1vQdy8dk9snlTZTSUYMq-hN5apMBRfaT5GdeynLMzzqZJxiNZJ_c1gMK2vaklPydE-UB-7wKhiUdXwOo/embed?start=true&loop=true&delayms=3000" webkitallowfullscreen="true" width="480"></iframe></div>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/02639626279664689414noreply@blogger.com26tag:blogger.com,1999:blog-5353342567672836998.post-33806715475350708222017-05-29T08:47:00.000+07:002018-05-29T08:47:44.593+07:00Empat Teori Besar Belajar<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<br /></div>
<iframe allowfullscreen="true" frameborder="0" height="389" mozallowfullscreen="true" src="https://docs.google.com/presentation/d/e/2PACX-1vTxwcLVWrdikzmds4Cb4fNm0-m0n0PgqH8vKflwJnxl06CPpUMUCsSTxld0o9ZsvIimeXvUodvMxyjZ/embed?start=true&loop=true&delayms=3000" webkitallowfullscreen="true" width="480"></iframe></div>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/02639626279664689414noreply@blogger.com3tag:blogger.com,1999:blog-5353342567672836998.post-29230053736678148992016-10-16T00:21:00.000+07:002018-05-29T09:00:50.355+07:00Kelebihan dan Kelemahan Model STAD (Student Teams Achievement Division)<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<!--[if gte mso 9]><xml>
<o:OfficeDocumentSettings>
<o:RelyOnVML/>
<o:AllowPNG/>
</o:OfficeDocumentSettings>
</xml><![endif]-->
<br>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; text-indent: 36.0pt;">
<span style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 150%;">Berdasarkan karakterisitiknya sebuah
model pasti memiliki kelebihan dan kelemahannya. Uraian </span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm;">
<span style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 150%;">secara
rinci kelebihan model ini ialah:</span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 150%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm;">
</div>
<div class="MsoListParagraphCxSpFirst" style="line-height: 150%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 18.0pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo1; text-indent: -18.0pt;">
<span style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 150%;"><span style="mso-list: Ignore;">1.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 150%;">Setiap
siswa memiliki kesempatan untuk memberikan kontribusi yang substansial kepada <span style="mso-spacerun: yes;"> </span>kelompoknya, dan posisi anggota kelompok
adalah setara Allport (dalam Slavin, 2005:103).</span></div>
<div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="line-height: 150%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 18.0pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo1; text-indent: -18.0pt;">
<span style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 150%;"><span style="mso-list: Ignore;">2.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 150%;">Menggalakkan
interaksi secara aktif dan positif dan kerjasama anggota kelompok menjadi lebih
baik (Slavin, 2005:105) dan (Ahmadi, <span style="mso-spacerun: yes;"> </span>2011:65).</span></div>
<div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="line-height: 150%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 18.0pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo1; text-indent: -18.0pt;">
<span style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 150%;"><span style="mso-list: Ignore;">3.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 150%;">Membantu
siswa untuk memperoleh hubungan pertemanan lintas rasial yang lebih banyak
(Slavin, 2005:105)</span></div>
<div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="line-height: 150%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 18.0pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo1; text-indent: -18.0pt;">
<span style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 150%;"><span style="mso-list: Ignore;">4.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 150%;">Melatih
siswa dalam mengembangkan aspek kecakapan sosial di samping kecakapan kognitif (Isjoni,
2010:72).</span></div>
<div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="line-height: 150%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 18.0pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo1; text-indent: -18.0pt;">
<span style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 150%;"><span style="mso-list: Ignore;">5.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span><span style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 150%;">Peran
guru juga menjadi lebih aktif dan lebih terfokus sebagai fasilitator, mediator,
motivator dan evaluator (Isjoni, 2010:62).</span><br>
<span style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 150%;"></span><br>
</div></div><a href="http://belajarpendidikanku.blogspot.com/2012/11/kelebihan-dan-kelemahan-model-stad.html#more">Baca Selengkapnya Disini»</a>Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/02639626279664689414noreply@blogger.com9tag:blogger.com,1999:blog-5353342567672836998.post-71527681134107923202016-09-01T08:28:00.000+07:002018-05-29T08:53:16.963+07:00Hakikat Manusia dan Pendidikan<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<br /></div>
<iframe allowfullscreen="true" frameborder="0" height="389" mozallowfullscreen="true" src="https://docs.google.com/presentation/d/e/2PACX-1vQKFp2QsxGikad1_UbQtVKHpSUCbKnWst52-taVtDTIf8DaAV4z4BhitfLVSQ1nO8K0yX3VwJdz4PKM/embed?start=true&loop=true&delayms=3000" webkitallowfullscreen="true" width="480"></iframe></div>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/02639626279664689414noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5353342567672836998.post-22125594550629734742016-08-23T08:56:00.000+07:002018-05-29T08:56:45.311+07:00PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM DAN SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<br /></div>
<iframe allowfullscreen="true" frameborder="0" height="389" mozallowfullscreen="true" src="https://docs.google.com/presentation/d/e/2PACX-1vS_Sgse5EBvY0KdBqLfemxJZ0FmLP8Y27FnJjRMF6qRZOXdUlbmbaml84yMRXJt-iY2FdGpMYsIckGc/embed?start=true&loop=true&delayms=3000" webkitallowfullscreen="true" width="520"></iframe></div>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/02639626279664689414noreply@blogger.com20tag:blogger.com,1999:blog-5353342567672836998.post-83918132131988710642015-02-22T08:11:00.000+07:002018-05-27T13:25:22.909+07:00Komponen Pembelajaran <div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<!--[if gte mso 9]><xml>
<w:WordDocument>
<w:View>Normal</w:View>
<w:Zoom>0</w:Zoom>
<w:TrackMoves/>
<w:TrackFormatting/>
<w:PunctuationKerning/>
<w:ValidateAgainstSchemas/>
<w:SaveIfXMLInvalid>false</w:SaveIfXMLInvalid>
<w:IgnoreMixedContent>false</w:IgnoreMixedContent>
<w:AlwaysShowPlaceholderText>false</w:AlwaysShowPlaceholderText>
<w:DoNotPromoteQF/>
<w:LidThemeOther>EN-US</w:LidThemeOther>
<w:LidThemeAsian>X-NONE</w:LidThemeAsian>
<w:LidThemeComplexScript>X-NONE</w:LidThemeComplexScript>
<w:Compatibility>
<w:BreakWrappedTables/>
<w:SnapToGridInCell/>
<w:WrapTextWithPunct/>
<w:UseAsianBreakRules/>
<w:DontGrowAutofit/>
<w:SplitPgBreakAndParaMark/>
<w:DontVertAlignCellWithSp/>
<w:DontBreakConstrainedForcedTables/>
<w:DontVertAlignInTxbx/>
<w:Word11KerningPairs/>
<w:CachedColBalance/>
</w:Compatibility>
<m:mathPr>
<m:mathFont m:val="Cambria Math"/>
<m:brkBin m:val="before"/>
<m:brkBinSub m:val="--"/>
<m:smallFrac m:val="off"/>
<m:dispDef/>
<m:lMargin m:val="0"/>
<m:rMargin m:val="0"/>
<m:defJc m:val="centerGroup"/>
<m:wrapIndent m:val="1440"/>
<m:intLim m:val="subSup"/>
<m:naryLim m:val="undOvr"/>
</m:mathPr></w:WordDocument>
</xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml>
<w:LatentStyles DefLockedState="false" DefUnhideWhenUsed="true"
DefSemiHidden="true" DefQFormat="false" DefPriority="99"
LatentStyleCount="267">
<w:LsdException Locked="false" Priority="0" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Normal"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="heading 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 7"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 8"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="9" QFormat="true" Name="heading 9"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 7"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 8"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" Name="toc 9"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="35" QFormat="true" Name="caption"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="10" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Title"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="1" Name="Default Paragraph Font"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="11" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Subtitle"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="22" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Strong"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="20" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Emphasis"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="59" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Table Grid"/>
<w:LsdException Locked="false" UnhideWhenUsed="false" Name="Placeholder Text"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="1" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="No Spacing"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" UnhideWhenUsed="false" Name="Revision"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="34" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="List Paragraph"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="29" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Quote"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="30" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Intense Quote"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 1"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 2"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 3"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 4"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 5"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="60" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Shading Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="61" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light List Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="62" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Light Grid Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="63" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 1 Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="64" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Shading 2 Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="65" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 1 Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="66" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium List 2 Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="67" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 1 Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="68" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 2 Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="69" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Medium Grid 3 Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="70" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Dark List Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="71" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Shading Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="72" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful List Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="73" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" Name="Colorful Grid Accent 6"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="19" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Subtle Emphasis"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="21" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Intense Emphasis"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="31" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Subtle Reference"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="32" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Intense Reference"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="33" SemiHidden="false"
UnhideWhenUsed="false" QFormat="true" Name="Book Title"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="37" Name="Bibliography"/>
<w:LsdException Locked="false" Priority="39" QFormat="true" Name="TOC Heading"/>
</w:LatentStyles>
</xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]>
<style>
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:"Table Normal";
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:"";
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:"Calibri","sans-serif";
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:"Times New Roman";
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:"Times New Roman";
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}
</style>
<![endif]--><span lang="IN" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 200%;">Pembelajaran<b> </b>merupakan sebuah sistem
yang memiliki komponen-komponen yang terdiri dari input, proses, out put, dan
umpan balik.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>Saputro (2005:4) dalam
bukunya strategi pembelajaran menjelasakan bahwa karakteristik komponen dasar
pembelajaran meliputi input, proses, out put, dan umpan balik.</span><br>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 200%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; text-indent: 36.0pt;">
<span lang="IN" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 200%;"><!--[if gte mso 9]><xml>
<o:OfficeDocumentSettings>
<o:RelyOnVML/>
<o:AllowPNG/>
</o:OfficeDocumentSettings>
</xml><![endif]--></span></div>
<div class="MsoNormal" style="line-height: 200%; margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; tab-stops: 49.65pt;">
<br>
</div></div><a href="http://belajarpendidikanku.blogspot.com/2013/02/komponen-pembelajaran.html#more">Baca Selengkapnya Disini»</a>Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/02639626279664689414noreply@blogger.com4tag:blogger.com,1999:blog-5353342567672836998.post-60624129478057402842014-08-30T07:00:00.000+07:002018-05-29T08:58:17.441+07:00Pembelajaran Terpadu<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<b>A. Pengertian Pembelajaran Terpadu</b><br>
Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang memadukan/mengaitkan pokok bahasan pada minimal dua mata pelajaran atau lebih menjadi satu tema yang berkaitan studi untuk memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Pada dasarnya pembelajaran terpadu merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa baik individu maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna, dan otentik. Melalui pembelajaran terpadu siswa dapat pengalaman langsung dalam proses belajarnya, hal ini dapat menambah daya kemampuan siswa semakin kuat tentang hal-hal yang dipelajarinya.<br>
<br>
</div><a href="http://belajarpendidikanku.blogspot.com/2012/07/pembelajaran-tematikterpadu.html#more">Baca Selengkapnya Disini»</a>Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/02639626279664689414noreply@blogger.com6tag:blogger.com,1999:blog-5353342567672836998.post-62529095721251022062014-04-23T12:44:00.000+07:002018-05-27T13:24:11.175+07:00Model model Pembelajaran Terpadu<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<span style="font-family: "verdana" , sans-serif;">Pembelajaran terpadu menurut Robin Fogarty (1991) terdapat sepuluh model dalam merencanakan pembelajaran terpadu, yaitu :<br /> </span><br />
<span style="font-family: "verdana" , sans-serif;">1)Model Penggalan (Fragmented)<br />
Model ini ditandai oleh ciri pemaduan yang hanya terbatas pada satu mata
pelajaran saja. Misalnya,dalma mata pelajaran bahasa Indonesia materi
pembelajaran tentang menyimak, berbicara, membaca dan menulis dapat
dipadukan dalam materi pembelajaran ketrampilan berbahasa.<br /> </span><br />
<span style="font-family: "verdana" , sans-serif;">2)Model Keterhubungan (Connected)<br />
Model Connected dilandasi oleh anggapan bahwa butir-butir pembelajaran
dapat dipayungkan pada induk mata pelajaran tertentu. Butir-butir
pembelajaran seperti: kosakata, struktur, membaca, dan mengarang
misalnya dapat dipayungkan pada mata pelajaran bahasa dan sastra.<br /> </span><br />
<span style="font-family: "verdana" , sans-serif;">3)Model Sarang (Nested)<br />
Model Nested merupakan pemaduan berbagai bentuk penguasaan konsep
ketrampilan melalui sebuah kegiatan pembelajaran. Misalnya, pada jam-jam
tertentu guru memfokuskan kegiatan pembelajaran pada pemahaman bentuk
kata, makna kata,dan ungkapan dengan saran pembuahan ketrampilan dalam
mengembangkan daya imajinasi, daya berfikir logis, menentukan ciri
bentuk dan makna kata-kata dalam puisi, membuat ungkapan dan menulis
puisi.<br /> </span><br />
<span style="font-family: "verdana" , sans-serif;">4)Model Urutan/Rangkaian (Sequenced)<br />
Model Sequenced merupakan model pemaduan topik-topik antar mata
pelajaran yang berbeda secara pararel. Isi cerita dalam roman sejarah,
misalnya: topik pembahasannya secara pararel atau dalam jam yang sama
dapat dipadukan dengan ikhwal sejarah perjuangan bangsa karakteristik
kehidupan sosial masyarakat pada periode tertentu maupun topik yang
menyangkut perubahan makna kata.<br /> </span><br />
<span style="font-family: "verdana" , sans-serif;">5)Model Bagian (Shared)<br />
Model Shared merupakan bentuk pemaduan pembelajaran akibat adanya
overlapping konsep atau ide pada dua mata pelajaran atau lebih.
Buir-butir pembelajaran tetang kewarganegaraan dalam PKn misalnya,dapat
bertumpang tindih dengan butir pembelajaran Tata Negara, PSPB dsb.<br /> </span><br />
<span style="font-family: "verdana" , sans-serif;">6)Model Jaring Laba-laba (Webbed)<br />
Model ini bertolakdari pendekatan tematis sebagai pemandu bahan dan
kegiatan pembelajaran. Dalam hubungan ini tema dapat mengikat
kegaiatan pembelajaran baik dalam mata pelajaran tertentu maupun lintas
mata pelajaran.<br /> </span><br />
<span style="font-family: "verdana" , sans-serif;">7)Model Galur (Threaded)<br />
Model Threaded merupakan model pemaduan bentuk ketrampilan, misalnya:
melakukan prediksi dan estimasi dalam matematika, ramalan terhadap
kejadian-kejadian, antisipasi terhadap cerita, dsb. Bentuk model ini
terfokus pada meta kurikulum.<br /> </span><br />
<span style="font-family: "verdana" , sans-serif;">8)Model Keterpaduan (Integrated)<br />
Model integrated merupakan pemaduan sejumlah topik dari mata pelajaran
yang berbeda, tetapi esensinya sama dalam sebuah topik tertentu. Topik
evidensi yang semula terdapat dalam pelajaran matematika,bahasa
Indonesia, IPA, dan IPS agar tidak membuat muatan kurikulum berlebihan,
cukup diletakkan dalam mata pelajaran tertentu, misalnya IPA<br /> </span><br />
<span style="font-family: "verdana" , sans-serif;">9)Model Celupan (Immersed)<br />
Model Immersed dirancang untuk membantu siswa dalam menyaring dan
memadukan berbagai pengalaman dan pengetahuan dihubungkan dengan medan
pemakaiannya. Dalam hal ini tukar pengalaman dan pemanfaatan pengalaman
sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran.<br /> </span><br />
<span style="font-family: "verdana" , sans-serif;">10)Model Jaringan (Networked)<br />
Model Networked merupakan model pemaduan pembelajaran yang mengandaikan
kemungkinan perubahan konsepsi, bentuk pemecahan masalah, maupun
tuntutan bentuk ketrampilan baru setelah siswa mengadakan studi lapangan
dalam situasi, kondisi, maupun konteks yang berbeda.</span></div>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/02639626279664689414noreply@blogger.com4tag:blogger.com,1999:blog-5353342567672836998.post-74414612543643670572013-05-13T12:05:00.000+07:002018-05-29T09:04:12.119+07:00PENGERTIAN PENDIDIKAN<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<br />
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm;">
<b><span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">BAB I</span></b></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm;">
<b><span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">APAKAH
PENDIDIKAN ITU ?</span></b></div>
<div class="MsoNormal">
<br /></div>
<div class="MsoListParagraph" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 21.3pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l2 level1 lfo1; text-indent: -21.3pt;">
<b><span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;"><span style="mso-list: Ignore;">A.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b><span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">Arti
beberapa istilah</span></b></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; text-indent: 42.55pt;">
<span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">Sebelum kita tinjau lebih lanjut apa yang dimaksud
dengan pendidikan, terlebih dahulu perlu dijelaskan tentang dua istilah yang
hampir sama bentuknya, yaitu <i>paedagogie </i>dan <i>paedagogiek</i>. <i>Paedagogie</i>
artinya pendidikan, sedangkan<span style="mso-spacerun: yes;"> </span><i>paedagogiek
</i><span style="mso-spacerun: yes;"> </span>berarti ilmu pendidikan. </span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; text-indent: 42.55pt;">
<span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">Pedagogik atau ilmu pendidikan ialah ilmu
pengetahuan yang menyelidiki, merenungkan tentang gejala-gejala perbuatan
mendidik. Pedagogic berasal dari kata Yunani <i>paedagogia</i> yang berarti “
pergaulan dengan anak-anak “.<i> Paedagogos </i>ialah seorang pelayan atau
bujang pada jaman Yunani Kuno yang pekerjaannya mengantar dan menjemput
anak-anak ke dan dari sekolah.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; text-indent: 42.55pt;">
<span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">Paedagogos berasal dari kata <i>paedos </i>(anak)
dan <i>agoge </i>(saya membimbing, memimpin). Perkataan <i>paedagogos </i><span style="mso-spacerun: yes;"> </span>yang mulanya berarti “ rendah “ (pelayan,
bujang), sekarang dipakai untuk pekerjaan yang mulia. <i>Paedagog</i> (pendidik
atau ahli didik) ialah seorang yang tugasnya membimbing anak dalam
pertumbuhannya agar dapat berdiri sendiri.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; text-indent: 42.55pt;">
<br /></div>
<div class="MsoListParagraphCxSpFirst" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 21.3pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l2 level1 lfo1; text-indent: -21.3pt;">
<b><span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;"><span style="mso-list: Ignore;">B.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b><span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">Apa
yang dimaksud dengan Mendidik ?</span></b></div>
<div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 21.3pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2; text-indent: -21.3pt;">
<span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;"><span style="mso-list: Ignore;">a.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";">
</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">Mendidik adalah
pengertian yang sangat umum yang meliputi semua tindakan mengenai gejala-gejala
pendidikan. Kebanyakan orang masih menganggap sebelah mata dan mudah dalam hal
mendidik. Kebanyakan orang tua mendidik orang tuanya hanya berdasarkan atas
pengalaman praktisnya saja dengan meniru perbuatan nenek moyangnya yang belum
baik dan benar. Kepandaian dalam mendidik di anggap dengan sendirinya sudah
dimilki oleh setiap orang dari pergaulannya dengan anak-anak. Dalam setiap situasi,
“ intuitif “ akan mendapat sikap dan tindakan yang tepat. Jadi, mereka bekerja
secara “ intuitif “ dan tidak mau mempelajari bagaimana cara mendidik secra
ilmu pengetahuan dan teoritis. Akan tetapi, mendidik berdasarkan
pengalaman-pengalaman (praktik) lebih banyak dan baik hasilnya daripada hanya
berdasarkan pengalaman dan intuisi. </span></div>
<div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 21.3pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2; text-indent: -21.3pt;">
<span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;"><span style="mso-list: Ignore;">b.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";">
</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">Ada beberapa ahli yang
mengibaratkan pekerjaan mendidik sama halnya dengan pekerjaan <i>tukang kebun</i>
yang memelihara tanaman-tanamannya. Sama halnya dengan seorang pendidik
terhadap anak didiknya yang berusaha membimbing atau memimpin pertumbuhan anak,
baik jasmani maupun rohaninya. Seorang pendidik tidak dapat memaksa pertumbuhan
anak sekehendaknya. Dalam pertumbuhannya, anak berkembang sendiri menurut tempo
dan iramanya. Pendidik hanya dapat memimpin perkembangan anak dengan
mempengaruhinya dari luar. Di sini jelas terlihat bahwa tiap-tiap tindakan
pendidikan terhadap anak didiknya mengandung maksud tertent, ada tujuan yang
hendk dicapai.</span></div>
<div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 21.3pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2; text-indent: -21.3pt;">
<span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;"><span style="mso-list: Ignore;">c.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";">
</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">Menurut uraian di atas,
pekerjaan seorang pendidik dengan pekerjaan tukang kebun tidak dapat disamakan,
karena pertumbuhan seorang anak tidak dapat disamakan dengan pertumbuhan
tanaman. Tugas seorang pendidik tidak hanya “ membiarkan tumbuh “ anak
didiknya, melainkan berusaha agar anak didiknya tumbuh menjadi manusia yang
lebih baik. Anak atau manusia adalah makhluk yang memiliki kepribadian dan
kesusilaan yang di anggap dapat dan sanggup hidup menurut norma-norma kesusilaan,
dan dapat memilih serta menentukan apa yang akan dilakukan dan menghindari atau
menolak yang tidak disukainya. Setiap anak meskipun berasal dari keluarga yang
sama, tetapi mempunyai watak dan tingkah laku yang berbeda-beda. </span></div>
<div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 21.3pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l1 level1 lfo2; text-indent: -21.3pt;">
<br /></div>
<div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 21.3pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l2 level1 lfo1; text-indent: -21.3pt;">
<b><span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;"><span style="mso-list: Ignore;">C.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";"> </span></span></span></b><b><span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">Mengapa
Anak Harus Dididik ?</span></b></div>
<div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 21.3pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo3; text-indent: -21.3pt;">
<span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;"><span style="mso-list: Ignore;">a.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";">
</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">Dari uraian di atas,
sangat jelas bahwa pertumbuhan seorang anak tidak dapat disamakan secara mutlak
dengan pertumbuan tanaman. Dari pemahaman di atas, sehingga timbul
pertanyaan-pertanyaan yang tidak mudah dan tidak cukup hanya di jawab dengan
satu–dua patah kata saja. Sebagai ontoh, dalam dunia hewan sering terjadi
gejala-gejala aneh yang terkadang bertentangan dengan akal sehat, seperti
bagaimana cara induk dalam menjaga anak-anaknya, bagaimana cara anak yang baru
lahir menghindar dari induknya yang pemangsa, atau bagaimana cara induk dalam
mendidik dan mengajari anak-anaknya untuk melakukan keahlian yang juga dimiliki
oleh induknya. Jadi, berdasarkan beberapa contoh di atas dapat diketahui bahwa
binatang juga “ mendidik “ anak-anaknya. Binatang juga memelihara dan mengajar
anak-anaknya sampai dapat berdiri sendiri seperti induknya.</span></div>
<div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 21.3pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo3; text-indent: -21.3pt;">
<span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;"><span style="mso-list: Ignore;">b.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";">
</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">Samakah pendidikan yang
dilakukan oleh binatang dengan peniddikan yang dilakukan oleh manusia ?</span></div>
<div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 21.3pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto;">
<span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">Tentu
saja tidak, karena manusia memiliki kelebihan dibandingkan dengan binatang.
Binatang “ mendidik “ anak-anaknya secara instingtif. Kepandaian “ mendidik “
yang ada pada binatang bukan karena dipelajari dari binatang lain, melainkan
kepandaian yang sudah ada pada tiap jenis binatang dan sifatnya tetap. Selain
itu, kemampuan yang dimiliki oleh binatang yang lebih muda sudah ada dalam
pembawaan dan akan berkembang dengan sendirinya tanpa pengaruh dari luar. Dalam
psikologi, belajar yang seperti itu disebut belajar instingtif. Ada beberapa
jenis binatang yang dapat di latih untuk melakukan sesuatu. Tetapi, hasil atau
prestasi itu sifatnya tetap dan tertentu, artinya hanya dalam batas-batas
tertentu insting tersebut dapat di<span style="mso-spacerun: yes;">
</span>bentuk atau di ubah. Tindakan yang dilakukan terhadap binatang itu bukanlah<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>“ pendidikan “, melainkan “ dresur “.</span></div>
<div class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 21.3pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo3; text-indent: -21.3pt;">
<span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;"><span style="mso-list: Ignore;">c.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";">
</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">Dresur dan pendidikan.
Apakah mendidik itu tidak boleh disamakan dengan tindakan-tindakan menjinakkan,
mendresur, dan melatih binatang. Karena pendidikan juga menggunakan
kecenderungan yang timbul pada masa perkembangan psikis, pendidik mengarahkan nafsu-nafsu
bawaan pada tujuan yang lebih berguna, dan menentukan bentuk-bentuk tindakan
instingtif yan boleh dilakukan. Pada tindakan insting, tidak terdapat
pengertian tentang tujuan akhir dari tindakan tersebut. Lain halnya dengan yang
terdapat dalam situasi pendidikan yang sesungguhnya, pendidik selalu
beranggapan bahwa pada manusia muda terdapat benih-benih pemikiran dengan budi
dan penentuan sendiri tentang baik dan buruk dari tindakannya. Dalam situasi
dresur tidak terdapat kedua ciri tersebut.</span></div>
<div class="MsoListParagraphCxSpLast" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 21.3pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l0 level1 lfo3; text-indent: -21.3pt;">
<span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;"><span style="mso-list: Ignore;">d.<span style="font: 7.0pt "Times New Roman";">
</span></span></span><span lang="EN-US" style="font-family: "times new roman" , "serif"; font-size: 12.0pt; line-height: 115%;">Dari uraian di atas,
terlihat jelas bahwa dresur tidak dapat disamakan dengan pendidikan. Dengan
kata lain, “pendidikan“ yang dilakukan terhadap binatang berbeda dengan
pendidikan yang dilakukan terhadap manusia. Dalam beberapa hal memang terdapat
persamaan yang terletak pada pertumbuhan biologisnya, seperti pertumbuhan
jasmaniahnya. Sedangkan pada manusia harus diperhatikan pertumbuhan <i>psikisnya</i>.
Binatang adalah makhluk alam yang tdak memiliki kebudayaan. Manusia adalah
makhluk yang lebih tinggi daripada binatang, memiliki akal dan pikiran, serta
termasuk dalam anggota masyarakat. Dengan adanya budi dan pikiran, manusia
dapat menimbang dan <i>memilih</i> apa yang akan dilakukan dan tidak dilakukan.
Dalam kehidupan bermasyarakat, terdapat berbagai macam golongan, pekerjaan,
maupun berbeda bahasa. Karena perbedaan tersebut, maka pendidika pada manusia
lebih sulit dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Anak harus dididik agar
dapat <i>menyesuaikan diri</i> dalam lingkungan masyarakatnya. Semakin kompleks
struktur masyarakat, maka semakin sulit dan lama dalam menyiapkan diri anak
agar dapat hidup dalam lingkungan masyarakatnya. Dalam proses penyesuaian diri
terhadap masyarakat, anak membuthkan pertolongan, pimpinan dari orang dewasa
terutama orang tuanya.</span></div>
<div class="MsoNormal">
<br /></div>
</div>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/02639626279664689414noreply@blogger.com2tag:blogger.com,1999:blog-5353342567672836998.post-72332312830567028012013-05-13T11:52:00.002+07:002018-05-29T09:03:19.131+07:00<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<br />
EVALUASI PEMBELAJARAN<br />
<br />
Evaluasi merupakan salah satu dari tiga komponen besar dalam pembelajaran. Evaluasi berarti menempatkan nilai pada entitas tertentu, sehingga mengungkapkan indikasi nilainya.<br />
<br />
Evaluasi dapat digunakan guru untuk: (a) sarana komunikasi keadaan prestasi siswa terhadap orang tua dan yang lainnya, (b) memberikan informasi kepada siswa untuk digunakan menilai diri sendiri, (c) memilih, mengidentifikasi atau mengelompokkan siswa dalam pendidikan atau program tertentu, (d) memberikan insentif dalam belajar, (e) mengavaluasi efektifitas program pembelajaran.<br />
<br />
A. Proses Evaluasi Pembelajaran<br />
1.Tujuan (umum) dan Tujuan (khusus)<br />
Penetapan capaian tujuan (umum) dan tujuan (khusus) perlu dilakukan di awal evaluasi. Evaluasi bersifat kesinambungan, evaluasi pada suatu unit dapat berdampak pada perencanaan unit berikutnya. Perhatian perlu ditekankan pada penetapan tujuan khusus, terutama pada unit yang spesifik. Penulisan persentase pada tujuan umum dan khusus dapat membantu guru dalam melakukan evaluasi <br />
<br />
2. Seleksi Isi<br />
Dengan mengetahui isi dengan baik, dapat digunakan sebagai acuan menghubungkan silabus dan aktifitas siswa secara baik.<br />
<br />
3. Pengumpulan Data<br />
Evaluasi memiliki dua komponen, yaitu informasi prestasi atau kinerja dan standar memberikan dasar untuk pengukuran<br />
<br />
4. Penerapan Standar<br />
Guru harus menentukan bagaimana tingkat ketepatan dengan standar yang akan diukur dan skala yang tepat untuk mengekspresikan tingkat ketepatan<br />
<br />
5. Pelaporan dan penggunaan hasil evaluasi<br />
Guru, dapat menggunakan hasil evaluasi untuk membuat keputusan yang sesuai secara strategis. Murid dapat mengetahui hasil evaluasi untuk mengarahkan mereka bekerja lebih baik lagi dan memungkinkan untuk memberikan kepuasan atas upayanya<br />
<br />
<br />
<br />
B. Jenis Evaluasi Kelas<br />
1. Tes<br />
a) Essai<br />
lebih berguna untukmengukur tingkat dalam pemikiran, yang meliputi analisis, sistesis, dan evaluasi. Namun essai relatif membutuhkan waktu yang lama dalam mengerjakannya dibandingkan dengan tes pilihan ganda. Jadi hanya sebagian sampel terbatas dari pembelajaran yang dapat diukur dengan tes essai. Informasi faktual dan pemahaman dasar jauh lebih efisien diukur dengan tes pilihan ganda.<br />
b) Pilihan ganda<br />
Pilihan ganda memiliki keuntungan mencakup banyak materi secara efisien, mudah diberi skor dan mudah untuk dipahami oleh siswa di kelas.<br />
2. Penilaian otentik<br />
a) Portofolio<br />
Portofolio merupakan sebuah berkas atau lebih yang memuat hasil kerja yang telah disesuaikan oleh guru untuk memasukkan setiap koleksi yang dihasilkan pada pembelajaran. Tempat portofolio tersebut dapat dari map, kotak box, atau laci.portofolio memiliki dua karakteristik yang membuat bernilai dalam melakukan evaluasi. Pertama, dapat menyediakan keadaan perkembangan proses siswa. Kedua merepresentasikan kemampuan, keinginan dan prestasi siswa.<br />
b) Proyek dan Penyelidikan<br />
Proyek dan penyelidikan dapat memberikan banyak pengalaman kepada siswa dan pada waktu yang sama dapat melihat secara detail perkembangan siswa<br />
c) Pengamatan dan Pertanyaan<br />
Dari mengamati dan mendengarkan penjelasan siswa, guru dapat melakukan pengukuran atas kemampuan berfikir kritis siswa, dan pemahaman dalam berbahasa. Observasi dapat digunakan untuk mengukur kinerja antara lain: (1) proses berfikir, (2) pemecahan masalah, (3) ketekunan, (4) bekerja dalam kelompok kecil, (5) kemampuan berkomunikasi, (6) kreatifitas<br />
d) Wawancara dan konferensi<br />
Untuk mengetahui apa yang diketahui siswa tentang belajarnya, guru dapat melakukan wawancara dan konferensi bersama siswa secara individual. Pertanyaan pada wawancara dapat distrukturkan dan dihubungkan pada sebuah topik.<br />
<br />
C. Tujuan Evaluasi Kelas<br />
1. Evaluasi Diagnostik<br />
Siswa di dalam kelas tentunya memiliki perbedaan masing-masing, tes diagnostik memberikan guru informasi yang berguna tentang siswa pada prestasi sebelumnya. Terdapat dua macam evaluasi diagnostik, pertama test untuk membandingkan keadaan siswa atau seluruh siswa dalam kelas dengan siswa normalnya. Dan kedua membandingkan dengan hasil pada prestasi sebelumnya<br />
2. Evaluasi Formatif<br />
Evaluasi formatif adalah tes atau pendekatan lain untuk evaluasi yang diberikan pada waktu yang tepat untuk memberikan umpan balik kepada guru dan siswa tentang prestasi. Evaluasi ini berfungsi sebagai dasar bagi guru dalam memastikan efektivitas pembelajaran, membuat keputusan pertengahan kurikuler, menentukan dampak pembelajaran dan menentukan pengajaran kembali pada hal-hal yang masih diperlukan.<br />
3. Evaluasi Sumatif<br />
Evaluasi sumatif dilakukan pada penyelesaian sebuah unit belajar, dan tujuan utamanya adalah untuk menentukan sejauh mana setiap siswa telah mencapai unit tujuan umum. Evaluasi sumatif dapat dilakukan dalam berbagai bentuk (termasuk ketikan kinerja, laporan tertulis atau presentasi secara kelompok) tapi biasanya dilakukan secara tes tertulis<br />
D. Tes Di Kelas<br />
Setelah melakukan tes, maka dilakukan pensekoran. Nilai skor tidak ada artinya jika tidak dibandingkan dengan nilai rujukan atau referensi. Adapun nilai yang dijadikan rujukan ialah<br />
1. Referensi normal dengan menggunakan nilai rata-rata siswa pada tes tertentu<br />
2. Referensi kriteria dengan menggunakan nilai yang telah ditentukan guru. Biasanya di atur di atas rata-rata dan terkadang membuat nilai siswa di bawah rata-rata jatuh.<br />
3. Referensi siswa dengan menarget nilai semampu siswa dan dinaikkan secara bertahap<br />
E. Peringkat Siwa<br />
Peringkat merupakan penyemangat siswa, memperoleh peringkat yang tinggi akan memberi pengalaman memuaskan bagi siswa, memperoleh peringkat yang rendah mungkin sangat mengecewakan. Tanda peringkat dari sekolah merupakan faktor penting dalam menentukan cerminan diri siswa</div>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/02639626279664689414noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5353342567672836998.post-37984079080601155012013-03-20T09:23:00.000+07:002013-03-20T09:47:13.296+07:00Kompetensi Inti, samakah dengan Standar Kompetensi?<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
Kompetensi Inti pada kurikulum 2013, samakah dengan Standar Kompetensi (SK) yang biasa kita temui di KTSP? Jika pada KTSP Standar Kompetensi akan menurunkan Kompetensi Dasar apakah Kompetensi inti pada kurikulum 2013 ini juga akan menurunkan Kompetensi Dasar (KD)?<br />
<br />
Sepintas kelihatan sama jika kita melihat posisi SK (pada KTSP) atau Kompetensi Inti (Pada Kurikulum 2013) berada di atas KD. Jika kita melihatnya seperti itu, maka akan muncul pertanyaan, misal pada mata pelajaran matematika kok tidak ada ya kompetensi inti yang mencerminkan kompetensi mata pelajaran matematika? atau pertanyaan lagi kok turunan Kompetensi Dasarnya kelihatan dipaksakan ya, supayakah sesuai dengan kompetensi inti?<br />
<br />
Sebetulnya jika kita memahami apa yang dimaksud kompetensi inti ini kita tidak akan menanyakan hal-hal tersebut. Ternyata kompetensi inti ini tidak dapat kita samakan dengan Standar Kompetensi (SK). Jika SK pada KTSP diajarkan kepada siswa, maka menurut pak menteri, kompetensi inti ini bukan untuk diajarkan, melainkan untuk dibentuk melalui pembelajaran mata pelajaran-mata pelajaran yang relevan. Setiap mata pelajaran harus tunduk pada kompetensi inti yang telah dirumuskan. Dengan kata lain, semua mata pelajaran yang diajarkan dan dipelajari pada kelas tersebut harus berkontribusi terhadap pembentukan kompetensi inti.<br />
<br />
Ibaratnya, kompetensi inti merupakan pengikat kompetensi-kompetensi yang harus dihasilkan dengan mempelajari setiap mata pelajaran. Di sini kompetensi inti berperan sebagai integrator horizontal antar mata pelajaran. Dengan pengertian ini, kompetensi inti adalah bebas dari mata pelajaran karena tidak mewakili mata pelajaran tertentu. Kompetensi inti merupakan kebutuhan kompetensi peserta didik, sedangkan mata pelajaran adalah pasokan kompetensi dasar yang akan diserap peserta didik melalui proses pembelajaran yang tepat, menjadi kompetensi inti.<br />
<br />
Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.<br />
<br />
Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).<br />
<br />
Sumber:<br />
Artikel dari Mohammad Nuh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI<br />
(http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/artikel-mendikbud-kurikulum2013)<br />
Kemendikbud, Kompetensi Dasar untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah kurikulum 2013<br />
<br />
<br />
<br />
<br />
<br />
<br />
<br /></div>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/02639626279664689414noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-5353342567672836998.post-41129014236909231082013-01-30T05:42:00.000+07:002013-03-20T10:11:36.623+07:00MODEL – MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR (ADDIE, ASSURE, Hannafin dan Peck, Gagne and Briggs serta Dick and Carry), Borg and Gall, 4D<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
PENDAHULUAN<br>
<br>
A. Latar Belakang<br>
Seperti yang kita ketahui saat ini, sebagian besar keadaan pembelajaran di sekolah-sekolah kita masih sangat konvensional, seperti penyampaian materi hanya diceramahkan, penyusunan materi yang sekedarnya atau materi hanya bersumber dari buku-buku teks yang belum tentu sesuai dengan keadaan sekolahnya, padahal buku-buku teks yang banyak beredar saat ini adalah produk nasional yang tidak memperhatikan karakteristik tiap satuan pendidikan seperti yang dinginkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang lebih memperhatikan tiap-tiap satuan pendidikan.<br>
<br>
</div><a href="http://belajarpendidikanku.blogspot.com/2013/02/model-model-pengembangan-bahan-ajar.html#more">Baca Selengkapnya Disini»</a>Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/02639626279664689414noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-5353342567672836998.post-10767262409432207262013-01-06T16:24:00.000+07:002018-05-29T09:02:15.530+07:00Perencanaan Pembelajaran (Silabus dan RPP)<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<b>Silabus dan RPP</b><br />
Sebelum pelaksanaan pembelajaran, seorang guru yang profesional berkewajiban merencanakan isi pembelajarannya (UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 20 ayat 1). Di dalam standar proses telah diatur mengenai perencanaan yang dimaksud. Dimana, seorang guru perlu melakukan analisis standar isi atau analisis kurikulum, yang mana di dalamnya termuat standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD). Setelah melakukan analisis SK dan KD suatu mata pelajaran, seorang guru perlu membuat silabus dan RPP. <br />
Silabus merupakan acuan pengembangan RPP memuat identitas mata pelajaran atau tema pelajaran, SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.<br />
Sedangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah penjabaran dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik (Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses).<br />
RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru dapat merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.<b><br /><br />Komponen-Komponen Minimal RPP</b><br />
1)Identitas mata pelajaran<br />
Identitas mata pelajaran, meliputi: satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan. <br />
2)Standar kompetensi<br />
Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.<br />
3)Kompetensi dasar<br />
Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.<br />
4)Tujuan pembelajaran <br />
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar. <br />
5)Materi ajar<br />
Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.<br />
6)Alokasi waktu<br />
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.<br />
7)Metode pembelajaran<br />
Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran. Pendekatan pembelajaran tematik digunakan untuk peserta didik kelas 1 sampai kelas 3 SD/MI. <br />
8)Kegiatan pembelajaran<br />
•Pendahuluan<br />
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. <br />
•Inti <br />
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. <br />
•Penutup<br />
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut. <br />
9) Indikator pencapaian kompetensi<br />
Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. <br />
10) Penilaian hasil belajar<br />
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian. <br />
11)Sumber belajar<br />
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.<br />
<br />
<br />
<b><br />Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP</b><br />
Dalam panduan standar proses yang disusun oleh Tim Nasional Implementasi KTSP (2009: 19), memaparkan prinsip-prinsip penyusunan RPP sebagai berikut:<br />
1.Memperhatikan perbedaan individu peserta didik <br />
RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.<br />
2.Mendorong partisipasi aktif peserta didik<br />
Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar. <br />
3.Mengembangkan budaya membaca dan menulis<br />
Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.<br />
4.Memberikan umpan balik dan tindak lanjut<br />
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi. <br />
5.Keterkaitan dan keterpaduan <br />
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya. <br />
6.Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi <br />
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. <br />
<b><br />Contoh-contoh pengembangan RPP<br /><br />Contoh RPP</b></div>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/02639626279664689414noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5353342567672836998.post-31302749993551500732013-01-01T08:32:00.000+07:002018-05-29T09:04:00.061+07:00<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<b>Privacy Policy for http://belajarpendidikanku.blogspot.com</b>
<br />
<br />
If you require any more information or have any questions about our
privacy policy, please feel free to contact us by email at
andri.kupas@gmail.com.
<br />
<br />
At http://belajarpendidikanku.blogspot.com, the privacy of our visitors
is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines
the types of personal information is received and collected by
http://belajarpendidikanku.blogspot.com and how it is used.
<br />
<br />
<b>Log Files</b><br />
Like many other Web sites, http://belajarpendidikanku.blogspot.com makes
use of log files. The information inside the log files includes
internet protocol ( IP ) addresses, type of browser, Internet Service
Provider ( ISP ), date/time stamp, referring/exit pages, and number of
clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement
around the site, and gather demographic information. IP addresses, and
other such information are not linked to any information that is
personally identifiable.
<br />
<br />
<b>Cookies and Web Beacons</b>
<br />
http://belajarpendidikanku.blogspot.com does use cookies to store
information about visitors preferences, record user-specific information
on which pages the user access or visit, customize Web page content
based on visitors browser type or other information that the visitor
sends via their browser.
<br />
<br />
<b>DoubleClick DART Cookie</b>
<br />
.:: Google, as a third party vendor, uses cookies to serve ads on http://belajarpendidikanku.blogspot.com.<br />
.:: Google's use of the DART cookie enables it to serve ads to users
based on their visit to http://belajarpendidikanku.blogspot.com and
other sites on the Internet. <br />
.:: Users may opt out of the use of the DART cookie by visiting the
Google ad and content network privacy policy at the following URL -
http://www.google.com/privacy_ads.html
<br />
<br />
Some of our advertising partners may use cookies and web beacons on our site. Our advertising partners include ....<br />
Google Adsense<br />
<br />
<br />
These third-party ad servers or ad networks use technology to the
advertisements and links that appear on
http://belajarpendidikanku.blogspot.com send directly to your browsers.
They automatically receive your IP address when this occurs. Other
technologies ( such as cookies, JavaScript, or Web Beacons ) may also be
used by the third-party ad networks to measure the effectiveness of
their advertisements and / or to personalize the advertising content
that you see.
<br />
<br />
http://belajarpendidikanku.blogspot.com has no access to or control over
these cookies that are used by third-party advertisers.
<br />
<br />
You should consult the respective privacy policies of these third-party
ad servers for more detailed information on their practices as well as
for instructions about how to opt-out of certain practices.
http://belajarpendidikanku.blogspot.com's privacy policy does not apply
to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or
web sites.
<br />
<br />
If you wish to disable cookies, you may do so through your individual
browser options. More detailed information about cookie management with
specific web browsers can be found at the browsers' respective websites.
</div>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/02639626279664689414noreply@blogger.com0