Pages

Wednesday, March 6, 2013

Contoh Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA

Draft Kurikulum 2013 Untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA

Saat ini kurikulum 2013 sudah bukan lagi suatu wacana, seperti yang banyak diketahui beberapa hal yang ada di kurikulum ini masih berprinsip sama dengan KTSP. Khususnya di sekolah dasar, perbedaannya ialah pada penyederhanaan mata pelajaran, pendekatan terpadu dengan teknik tematik integratif, penambahan beban belajar dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar yang diharapkan akan memberikan keleluasaan waktu bagi guru untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif. 

Selain itu, di KTSP kita mengenal dengan Standar kompetensi dan Kompetensi Dasar yang isinya berbeda pada tiap SK, apalagi KD. Di Kurikulum yang baru ini kita tidak akan menemui hal itu lagi, dapat dikatakan SK atau disebut Kompetensi Inti pada kurikulum 2013 adalah hampir sama pada setiap kelas dan setiap mata pelajaran dengan sedikit penambahan bobot pada jenjang yang lebih tinggi. Kompetensi Inti ini dibagi menjadi empat aspek, yaitu aspek keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). 

Hal di atas terjadi karena fungsi Kompetensi inti adalah sebagai unsur organisasi pengikat Kompetensi Dasar secara vertikal dan horizontal. Vertikal yang dimaksud adalah ikatan antara konten KD suatu kelas dengan jenjang kelas di atasnya, misalnya kelas dua dengan kelas satu, sehingga apa yang dipelajari siswa terjadi kesinambungan. sedangkan horizontal yang dimaksud adalah ikatan antara KD pada suatu mata pelajaran dengan KD dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama, sehingga terjadi proses saling memperkuat.

Untuk link downloadnya saya siapkan di bawah ini, mudah-mudahan bermanfaat  CMIIW.....


link download alternatif  : disini

Baca Juga DRAF DOKUMEN KURIKULUM 2013


 



 

Copyright © Belajarpendidikanku | Powered by Blogger