Pages

Sunday, July 8, 2012

Pembelajaran PKn SD

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar (UU Sisdiknas No 20 tahun 2003: Pasal 1 ayat 20). Sejalan dengan itu Gagne (1975) mengartikan pembelajaran adalah seperangkat peristiwa yang diciptakan dan dirancang untuk mendorong, menggiatkan, dan mendukung belajar siswa (Hanafi dan Manan, 1988: 14). Pembelajaran juga dapat diartikan sebagai upaya yang sistemik dan disengaja oleh guru untuk menciptakan kondisi-kondisi belajar mengajar guna terjadinya perubahan, pembentukan dan pengendalian perilaku dimulai dari perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.

Pembelajaran PKn merupakan pembelajaran yang mewujudkan warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter sesuai amanat Pancasila dan UUD 1945 melalui pendidikan berbasis nilai yang memuat domain kognitif, afektif dan psikomotorik. Sejalan dengan itu dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945 (Depdiknas,2006).

Daftar Rujukan
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdikbud. 
Hanafi & Manan. 1988. Prisip-Prinsip Pembelajaran untuk Pengajaran. Surabaya: Usaha Nasional.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. BNSP

1 comments:

 

Copyright © Belajarpendidikanku | Powered by Blogger